left5
Blog

Fungsi Candi Prambanan

Fungsi Candi Prambanan

Fungsi Candi Prambanan pada masa dahulu adalah tempat peribadatan para warga yang beragama Hindu untuk memuliakan dewa Brahma, dewa Wishnu dan dewa Siwa. Candi ini pertama kali di bangun oleh Rakai Pikatan sekitar tahun 850 Masehi. Dan bangunan ini selalu direnovasi untuk disempurnakan secara berkala oleh raja-raja Medang Mataram setelahnya. Selain itu, bangunan diperluas dengan menambah Candi-candi di sekitar Candi utama sehingga terlihat megah. Setalah itu fungsi candi Prambanan sebagai candi agung Kerajaan Mataram dan untuk tempat digelarnya berbagai upacara kerajaan.

Klik link berikut untuk melihat Fungsi fungsi candi : Fungsi Candi

Candi Prambanan Hancur

Kenapa candi Prambanan Hancur? belum diketahui dengan pasti penyebab hancurnya candi Prambanan. Tetapi bisa juga kemungkinan terjadinya tersebut dikarenakan peperangan dan perebutan kekuasaan atau yang paling sangat mungkin disebabkan oleh letusan Gunung Merapi yang sangat kuat dan menjulang sekitar 20 kilometer di utara candi Prambanan. Dan fungsi candi Prambanan pun hilang dikarenakan perpindahan Kerajaan ke daerah Jawa Timur sekitar tahun 930-an. Setalah perpindahan tersebut Candi mulai rusak dan runtuh karena terlantar dan tidak ada yang merawat.

Penemuan Candi Prambanan

Pertama kali Candi di temukan - Fungsi Candi Prambanan

Candi Prambanan ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda yaitu CA. Lons pada tahun 1733. Setelah candi tersebut ditemukan, candi Prambanan menjadi sorotan di seluruh dunia pada masa pendudukan Britania atas jawa. Dan setelah itu Sir Thomas memerintahkan untuk penelitian lebih lanjut candi Prambanan ini. Meskipun penyelidikan tersebut dilakukan tetapi reruntuhan candi tersebut tetap terlantar hingga berpuluh-puluh tahun. Candi tersebut mulai dibersihkan dan memindahkan beberapa batu dan tanah dari bilik candi pada tahun 1855 oleh seorang insinyur industri minyak di Hindia Belanda yaitu Jan Willem IJzerman.

Pemugaran Candi Prambanan

Pada tahun 1918 pemugaran candi Prambanan di mulai, tetapi banyak batu yang hilang karena pada saat itu banyak batu-batu candi yang dicuri, alhasil dibuatkan batu-batu baru untuk menyempurnakan candi tersebut, karena itu juga candi-candi kecil tidak dibangun ulang dan hanya tampak fondasinya saja. Setalah pemugaran selesai pada tahun 1953, Presiden pertama Republik Indonesia saat itu yaitu Ir Sukarno meresmikan Candi Prambanan.

 

Pada tahun 1991 Candi Prambanan ini mendapat gelar Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Dan kini selain untuk ibadah Agama Hindu fungsi candi Prambanan yaitu tempat wisata juga. Banyak sekali yang tertarik dengan Candi ini sampai-sampai wisatawan dari manca negara.

Itulah sahabat arena yang bisa kami ulas tentang fungsi candi Prambanan dan sedikit sejarahnya.

 

Silahkan baca juga tawaran Paket Wisata Murah kami:
  1. Paket Wisata jogja
  2. Paket Wisata Karimunjawa
  3. Paket Wisata Malang
  4. Paket Wisata Bali
  5. Paket Wisata Lombok

 

**** Update Fungsi Candi yang Sering di cari

Fungsi Candi

Mungkin artikel ini hanya untuk fungsi prambanan saja, jika kalian ingin membaca tentang fungsi candi yang sering di cari silahkan klik link berikut : Fungsi Candi

Jika kalian ingin bertanya atau berkonsultasi tentang Paket Wisata, kalian bisa langsung menghubungi kami gratis via Telp/SMS/WA:

0811-2827-314 0811-2827-315

Atau kalian juga bisa datang langsung ke Outlet kami di:

Jl. Wonosari km 7.5 Mantup, Banguntapan, Yogyakarta
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyrighted.com Registered & Protected